Bro sekalian, Setelah Impresi Fisik dari Yamaha Soul GT 2012 Kita menginjak pada Impressi Berkendaranya ya. Warung Ijo kembali dikasihnya unit warna ijo lemooon euuy Sesaat setelah nyemplak di atas nya sangat terasa aura Mio soul/Mio series pada umumnya. Namun dari belakang kemudi terlihat juga bahwa SOul GT ini terlihat sedikit lebih langsing dari Mio Soul Pendahulunya. Saat berada di atas Jok Soul GT kedua Kaki bisa menapak dengan sempurna di aspal jalan . . . seat heightnya mirip mirip dengan seat height Mio J . . . entah berapa . .. kita tunggu info Officialnya nanti ya.
kaki menjejak sempurna
Ergonomi
Ergonomi dibangun oleh 3 titik yang dikenal sebagai segitiga ergonomi yakni handlebar, seat, dan bagaimana tumpuan kaki (lihat gambar diatas) . Secara Umum ergonomi dari Yamaha Soul GT masih mirip juga dnegan Mio series. Mungil dan kalo boleh tmcblog bilang ergonomi komuter. Ruang deknya masih terasa luas Dengkul kaki tmcblog tidak mentok di dek dan tapak kaki sempurna menjejak di dasar dek terlebih karena dasarnya yang kasar dan anti slip
Handling
Ini motor sinyalemen tmcblog sasisnya nggak jauh berbeda dengan Mio J sehingga untuk rider dengan postur tubuh mungil khas asia cukup pas dan tidak terasa memaksakan. Handlingnya lincah dan enteng . .. bro tahu kan daerah ‘seribu tikungan’ di kawasan kampung sawah kabupaten bogor ? . . . itu semua tikungan baik single maupun chicane dengan mudahnya disikat dengan safety. selain ergonomi, faktor lain yang menunjang handling ini adalah suspensi tentunya, cmiiw
Performa Mesin
Nyalain mesin . . . tunggu dulu ada suara dari arah tengki bbm . . . yup itu suara persiapan fuel pump . . . nyalakan starter . . . ada sedikit ketukan lalu suara idle Soul GT memiliki basis mesin YMJET Fi nya Yamaha Mio J . . . so jadi kebayang lah kira kira mirip performanya . .. tarik gas, ban baru muter di kisaran 5 ribu rpm menurut Yamaha, nah selama akselerasi serasa ada suara puteran plastik kipas dari daerah fan . . . namuan sayang tmcblog tidak mencoba top speed saat dipake eco riding bulak balik Bogor-Depok -Bogor sejauh 60 kilometer . . . dipake paling tinggi 70 km/jam by GPS Garmin . . . namun akselerasi memang mirip mirip dengan Mio J
Suspensi
Peredam kejut dari Soul GT yang digunakan tmcblog ini cukup pas rebound dampingnya tidak terlalu empuk dan pas kerasnya. kembali tmcblog mensinyalir spek suspensi depan dan belakang dari Soul GT ini memiliki spek yang nggak jauh berbeda dengan Mio J. Bahkan terlihat sok belakang Soul GT ini juga memiliki bentuk yang jenjang, mirip dnegan Mio J. Bagaimana bila dipakai nikung nikung, mantebb . .. nggak ada gejala ngebuang yang biasanya disebabkan setelan sok yang keliwat empuk, cmiiw. Setingan suspensi ini juga yang disinyalir membuat Soul GT tidak ngegasruk saat ngehajar polisi tidur dnegan ukuran standar perumahan.
Pengereman
Yamaha Soul GT mengadopsi sistem pengereman konvensional tromol dibelakang dan cakram satu piston segede jengkol di depan. Gimana Impressi remnya . . . dnegan mengunakan kombinasi pola pengereman 50-50 terlihat kurang bisa menghentikan kendaraan dengan cepat . . . pola pengereman yang lebih pas menurut tmcblog dari kecepatan 40-60 km/jam sampai diam ada di pola (depan-belakang) 40-60 . . kenapa begini ya? entahlah mngkin karena pola distribusi berat dimana bagian belakang skutik terasa lebih berat dibandingkan bagian depannya, cmiiw. Secara Umum Kombinasi peranti rem Soul GT ini tidak terlalu istimewa namun sudah cukup safety, cmiiw, imho
Kesimpulan sementara setelah kira kira 80 km mencoba Yamaha Soul GT ini adalah Soul GT terasa cukup friendly user sebagai sebuah skutik, walaupun sedikit lebih lebar namuan kelincahannya dalam bermanufer seperti tidak ada perbedaannya bila dibandingkan dengan Mio J. Motor motor skutik seperti Soul GT ini memang terasa lebih logis bila kita membutuhkan sepeda motor sebagai sarana untuk berkomuter. silahkan dikomentari dan semoga Berguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar